Jumat, 10 Februari 2012

Cara menanggulangi ekonomi


Krisis ekonomi global yang berlangsung dari tahun 2007 lalu di Amerika Serikat dan mencapai puncaknya tahun 2008 yang lalu saat ini tengah mengalami kondisi yang mengambang di Amerika Serikat dan semakin menunjukkan resesi di Benua Eropa. Hal ini membuat Asia sebagai benua yang beberapa negara besarnya seperti China, India, Indonesia, Vietnam, dll menunjukkan pertumbuhan ekonomi positif menjadi jangkar pertumbuhan dunia. 

Kita bisa melihat bahwasanya Amerika Serikat yang merupakan kekuatan ekonomi nomor satu dunia dihadapkan dengan krisis terbesar mereka selama 80 tahun terakhir. Hal ini nampaknya akan berlangsung hingga tahun 2012 dimana ekonomi Amerika Serikat akan tetap memasuki masa stagnan hingga nantinya akan kembali pulih mulai tahun 2012 nanti.

Solusi umum untuk menghadapi krisis ekonomi global dapat dilihat di General Solution for The Economy of United States of America

Tetapi kita bisa melihat bahwasanya Benua Eropa ternyata terkena kontaminasi yang serius dari krisis Amerika Serikat ini. Negara-negara yang terjalin dalam PIIIGGS (Portugal, Italy, Ireland, Iceland, Greece, Great Britain & Spain) yang notabene negara-negara yang pada umumnya menderita defisiti anggaran yang lumayan sehingga menyebabkan hutang mereka membengkak menjadi beban utama Benua Eropa dalam menangani krisis ekonomi global ini. Dan sebagai buktinya Yunani merupakan negara Eropa kesekian yang jatuh dalam krisis akibat potensi default hutang yang dijamin oleh pemerintahnya. Dan Spanyol saat ini berada di tepi ancaman yang sama yaitu krisis hutang.

Amerika Serikat juga dapat dipandang sebagai potensi krisis hutang nomor satu di dunia karena di tengah-tengah rasio hutang terhadap PDB Amerika Serikat yang sudah mencapai 85% dan dengan Reformasi Kesehatan Amerika Serikat yang menelan dana triliunan dolar AS akan menyebabkan rasio hutang terhadap PDB Amerika Serikat akan meningkat menjadi 110% tahun 2016 yang akan datang. Hal ini akan mendatangkan potensi penurunan rating hutang Amerika Serikat yang akan menjatuhkan pasar hutang Amerika Serikat dan otomatis dunia karena Amerika Serikat merupakan kekuatan ekonomi nomor satu dunia.

Banyak juga hal-hal yang perlu kita waspadai dalam krisis ekonomi global itu yaitu ancaman dari negara-negara yang bersifat fasisme seperti Korea Utara, Iran, dll. Negara-negara ini terkena dampak krisis ekonomi global sehingga politik di negara ini menjadi tidak stabil tetapi dampaknya bukanlah kepada pemecahan masalah krisis di dalam negeri sendiri akan tetapi menjadi ancaman untuk negara-negara lain seperti Korea Utara yang semakin mengintimidasi Korea Selatan, Iran yang semakin mengintimidasi dunia, dll.

Ada banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh berbagai bangsa di dunia untuk bisa bersama-sama bangkit melewati krisis ekonomi global ini.

1 komentar:

  1. Ironing your teeth in a gingerbread village | Titanium Shirts
    Ironing titanium eyeglasses your teeth in a gingerbread village. With Ironing your titanium white teeth, titanium bars you can make these new and innovative titanium dive watch ironing titanium sheet metal your teeth.

    BalasHapus